PIMNAS 31

Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) merupakan event resmi tahunan DirektoratJenderalPembelajarandanKemahasiswaan,Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Ditjen Belmawa Kemenristekdikti) dalam bidang penalaran untuk memperlombakan karya ilmiah mahasiswa tingkat nasional. Event ini merupakan salah satu penjabaran dari program Ditjen  Belmawa  Kemenristekdikti  untuk  menciptakan  iklim  akademis yang kompetitif di kalangan mahasiswa Indonesia. Event ini merupakan puncak kegiatan ilmiah mahasiswa berskala nasional dan diselenggarakan di  perguruan  tinggi  yang  ditetapkan  Direktorat  Jenderal  Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) atas kesediaan dan kesepakatan seluruh pimpinan perguruan tinggi. PIMNAS sebagai forum pertemuan ilmiah dan komunikasi produk kreasi mahasiswa, diikuti oleh mahasiswa atau kelompok tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM).

PIMNAS Ke-31 Tahun 2018 mengusung tema ‘Mewujudkan Mahasiswa Indonesia yang Unggul, Kreatif, dan Inovatif Berlandaskan Ketakwaan, Kemandirian, dan Kecendekiaan dalam Bingkai Kebhinnekaan’. Tema ini mengandung nilai-nilai yang luhur dan semangat yang harus dimiliki oleh mahasiswa Indonesia di era milenial. Keunggulan, kreativitas, dan keinovatifan mahasiswa Indonesia sangat diperlukan untuk dapat bersaing di era global di mana persaingan tidak terbatas dengan kompetitor nasional, tetapi juga kompetitor yang berasal dari kawasan regional, baik dari negara- negara ASEAN dan juga ASIA dan bahkan di kawasan global.

Tujuan dari penyelenggaraan Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) Ke-31 Tahun 2018 adalah untuk menciptakan iklim ilmiah di kalangan  mahasiswa  Indonesia  sehingga  tercipta  mahasiswa  Indonesia yang unggul, kreatif, dan inovatif berlandaskan ketakwaan, kemandirian, dan kecendekiaan dalam bingkai Kebhinekaan. Selain itu, kegiatan PIMNAS Ke-31 Tahun 2018 ditujukan untuk:

  1. Media dan sarana komunikasi mahasiswa seluruh Indonesia;
  2. Membuka peluang  bagi  pengembangan  potensi  mahasiswa  dalam kegiatan ilmiah;
  3. Mempertajam wawasan  dan  meningkatkan  kreativitas  mahasiswa dalam pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni;
  4. Meningkatkan posisi tawar mahasiswa di dunia kerja atau masyarakat;
  5. Memberi umpan balik terhadap proses belajar mengajar di perguruan tinggi;
  6. Meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam menyampaikan karya intelektualnya pada suatu forum ilmiah;
  7. Mempererat kerjasama akademik dan tali persaudaraan dalam bingkai NKRI.

Perwakilan ISI Yogyakarta di PIMNAS 31 dari kelompok PKM – K yaitu :

  1. Android By Yume
  2. Kekaca

selain itu ISI Yogyakarta juga mengirimkan 3 perwakilan mahasiswa untuk megikuti lomba pendamping PIMNAS sebanyak 3 kategori :

  1. Puisi
  2. Fotografi
  3. Kewirausahaan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *