Rangkaian Kegiatan Pendukung
Seminar Internasional Literasi Sejarah Kebencanaan

Sejak tahun 2019, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) berupaya mendorong terwujudnya Literasi Sejarah Kebencanaan Indonesia untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang risiko bencana berdasarkan sejarah kebencanaan di Indonesia. Literasi sejarah kebencanaan mencakup berbagai hal terkait sejarah kebencanaan di Indonesia. Misalnya pengenalan tentang potensi bencana yang ada di sekitar masyarakat, deskripsi bencana yang pernah terjadi di masa lalu, bentuk antisipasi masyarakat ragam potensi bahaya alam (natural hazard) beserta pengenalan tanda-tanda bahaya alam di masa lalu, memahami tanda-tanda bencana, mitigasi bencana pada masyarakat di berbagai daerah di masa lalu, dampak bencana bagi masyarakat lokal, serta bagaimana adaptasi masyarakat terhadap bencana yang terjadi secara berulang di berbagai daerah, cara penanganan dalam kondisi bencana, serta bagaimana cara menyelamatkan diri dari bencana. Dengan demikian, meskipun peristiwa bencana tidak dapat diprediksi, namun kejadian bencana di masa lalu dapat lebih dipahami dan diminimalisir dampaknya dengan mempelajari sejarah kebencanaan di Indonesia, dan mempertimbangkannya dalam mengambil keputusan.
Dalam rangka penyadartahuan masyarakat khususnya meningkatkan kesadaran generasi muda mengenai literasi sejarah kebencanaan maka diperlukan media yang sesuai dan disukai serta mudah dipahami. Pada era digital seperti saat ini, penyebarluasan informasi berbasis digital menjadi medium yang mudah dipahami dan diterima khalayak umum. Media digital berbasis kreativitas menjadi produk yang mudah disebarluaskan melalui portal-portal yang tersedia secara gratis. BNPB menyelenggarakan beberapa kegiatan lomba terkait Literasi Sejarah Kebencanaan dengan maksud untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya mempelajari atau mengetahui sejarah kebencanaan dan mendorong kreativitas masyarakat dalam menerjemahkan informasi tersebut ke dalam sebuah karya.

Tujuan
Tujuan dari Lomba Literasi Sejarah Kebencanaan ini adalah:

  1. Meningkatkan peran masyarakat mulai dari anak dengan jenjang Sekolah Dasar, mahasiswa hingga masyarakat umum.
  2. Mendorong kreativitas dan pemahaman masyarakat terkait literasi sejarah kebencanaan, supaya literasi sejarah kebencanaan dapat tersebar semakin luas.

Tema

“Menelusuri Jejak, Meneguhkan Pijak, Literasi Sejarah Kebencanaan sebagai Warisan Ketangguhan Masa Lalu, Kini, dan Nanti”

 

Kategori Lomba:

  1. Lomba Penulisan Artikel Literasi Sejarah Kebencanaan untuk setingkat SD yang didampingi oleh guru sejarah di sekolahnya.
  2. Lomba Penulisan Artikel Literasi Sejarah Kebencanaan untuk masyarakat umum.
  3. Lomba Poster Ilmiah Digital Literasi Sejarah Kebencanaan.
  4. Lomba Story Map Literasi Sejarah Kebencanaan.

 

Ketentuan Umum:

  1. Karya asli peserta, bukan meniru/menjiplak desain yang sudah ada.
  2. Panitia tidak bertanggung jawab apabila ada klaim dari pihak lain atas ketidak orisinilan karya atau plagiarisme.
  3. Tidak mengandung unsur pornografi dan isu SARA.
  4. Peserta wajib membuat narasi latar belakang/cerita atas poster yang dibuatnya.
  5. Karya belum pernah dipublikasikan pada media manapun.
  6. Keputusan penetapan pemenang tidak dapat diganggu gugat.
  7. Hak Cipta atas karya yang ditetapkan sebagai pemenang sepenuhnya menjadi milik BNPB.

 

Tanggal Kegiatan:

  • Submit Karya : 1 September 2021 – 1 Oktober 2021
  • Penjurian : 2 – 9 Oktober 2021
  • Pengumuman Pemenang : 10 Oktober 2021

Info Lengkap : http/s://sejarah.dibi.bnpb.go.id