UKM PRESSISI merupakan UKM yang berkecimpung dalam bidang kegiatan jurnalistik. UKM ini memiliki dua fungsi ganda sebagai media informasi komunikasi serta media pengembangan minat dan bakat bagi mahasiswa untuk membekali dirinya dengan kemampuan di bidang jurnalistik.

Dalam proses menerimaan dan peresmian anggota baru yang akan melanjutkan pengelolaan UKM PRESSISI di masa mendatang maka diperlukan Pelantikan Jurnalistik Tingkat Lanjut.  Diklat lanjut ini untuk memperdalam kampuan anggota baru di bidang jurnalistik. Tujuan pelaksanaan diklat ini antara lain untuk meningkatkan pengetahuan di dunai pers, melatih kerjamasa tim di bidang keredaksian terutama dalam menyusun media dan pelantikan anggota baru PRESSISI angkatann 5. Diklat ini diikuti oleh mahasiswa dan anggota magang UKM PRESSISI ISI Yogyakarta.

Diklat lanjut jurnalistik ini dilaksanakan pada tanggal 20 sampai dengan 22 Mei 2016. Tempat pelaksanaan diklat ini di Griya Aisyah, Desa Randu, Sleman, Yogyakarta. Diklat lanjut ini diikuti oleh 145 peserta.Pada diklat ini peserta memperoleh materi tentang liputan, pers, kode etik jurnalistik dan pengenalan profil UKM PRESSISI.