UKM Karate

Profil Singkat

Seni beladiri Shiroite Karatedo merupakan suatu seni, ilmu pengetahuan dan filsafat kehidupan. Shiroite Karatedo sebagai falsafah juga merupakan media penyempurnaan hidup dan karakter melalui cara memahami hakikat kemampuan fisik dan mental. Karate menanamkan prinsip-prinsip keberanian, kejujuran, kedisiplinan, kesopanan, keikhlasan, ketertiban, keloyalan, keserasian, serta sifat-sifat ksatria.

Shiroite Karatedo merupakan suatu organisasi perguruan karate yang artinya “Satu Tangan Suci”, didirikan pada tanggal 14 April 1970. Sesuai dengan artinamanya Shiroite Karatedo menjalankan organisasinya dengan lebih menitik beratkan kepada kekeluargaan dengan jiwa dan pikiran yang suci. Perguruan Shiroite Karatedo didirikan oleh Alm. Shihan Dr. Tojo Simanjuntak yang berguru kepada Shihan Shinya Matsuzaki, memperdalam ilmu karatenya kepada Alm. Shihan Senno Suke Ueshima di Osaka Jepang, lalu membawanya ke Indonesia.

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Karate ISI Yogyakarta didirikan untuk mewadahi minat dan bakat mahasiswa di bidang seni dan olahraga karate. Pembinaan dan penyusunan materi latihan dan jadwal kegiatan yang teratur akan mewujudkan pribadi mahasiswa yang lebih utuh dan berjiwa ksatria. UKM Shiroite Karatedoadalah salah satu sarana ideal dalam pembentukan kepribadian, mental dan spiritual pemuda, khususnya mahasiswa. Sebagai salah satu cabang olahraga yang dipayungi oleh KONI (Komite Olahraga Nasional Indonesia) dan FORKI (Federasi Olahraga Karate Indonesia), karate adalah sarana berprestasi bagi mahasiswa dalam berbagai kompetisi bergengsi mulai dari level daerah / Kejuaraan kabupaten, level nasional (Kejuaraan Nasional, PON, Pekan Olahraga Mahasiswa, dll), hingga Internasional (ASEAN Games, Sea Games, OLIMPIC, dll).

Maksud dan Tujuan

  • Membentuk mental dan spiritual mahasiswa yang berjiwa ksatria
  • Membentuk karakter mahasiswa melalui olah hati, olah pikir, olah rasa dan olah raga
  • Membentuk kader Karateka yang berjiwa Pancasila
  • Meningkatkan kesehatan jasmani dan rohani
  • Memupuk rasa kekeluargaan, persahabatan dan kasih sayang diantara mahasiswa/i
  • Melatih kedisiplinan, semangat, tanggung jawab dan rasa percaya diri
  • Mengharumkan nama ISI Yogyakarta dikancah Kejuaraan Karate baik tingkat Daerah / Provinsi hingga Internasional.

Kegiatan Latihan

Kegiatan latihan reguler:

Rabu pukul 15.30 – 18.00 WIB

Minggu pukul 07.30 – 11.00 WIB

Lokasi latihan berada di Lapangan depan Gedung Serba Guna dan seluruh lingkungan Kampus ISI Yogyakarta.

Kegiatan Gashuku (latihan gabungan) dilakukan minimal satu kali dalam setahun yang waktu dan tempat akan ditentukan dalam rapat pengurus UKM.

Sekretariat

Pembina Utama: Kurnia Dhani, M.A.

Bagian Kemahasiswaan BAAKPSI ISI Yogyakarta

Gedung Rektorat Lantai 1

Jl. Parangtritis Km. 6,5 Sewon, Bantul Telp. (0274) 379133 Email: kemahasiswaan@isi.ac.id

Bapak Kurnia Dhani, M.A. selaku Pembina UKM Karate Shiroite bersama Bapak Prof. Dr. M. Agus Burhan, M.Hum. selaku Rektor ISI Yogyakarta
Bapak Kurnia Dhani, M.A. selaku Pembina UKM Karate Shiroite bersama Bapak Muhammad Sholahuddin, S.Sn., M.T.selaku Pembina Seluruh UKM ISI Yogyakarta